Kasus Kekerasan Anak Dan Perempuan Meningkat, Polres Gelar FGD

FGD Polres Lebong/Ist
FGD Polres Lebong/Ist

Melihat dari angka kekerasan terhadap perempuan dan anak yang semakin tinggi di Kabupaten Lebong ini, sudah seyogyanya, baik orang tua maupun pihak terkait memberikan atensi yang lebih mendalam terhadap permasalahan tersebut.


Hal itulah yang melandasi diselenggarakannya Forum Group Discussion (FGD) oleh Sat Binmas Polres Lebong dengan melibatkan beberapa lini yang terkait perlindungan perempuan dan anak.

Kegiatan Diskusi dan Sosialisasi diikuti warga Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong, pada Rabu (29/5) di Balai Desa.

Hadir pada acara tersebut, Kapolres Lebong, AKBP Awilzan yang diwakilkan Kasat Binmas, AKP Tri Sumartono, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim, Bripka Rangga Askar dan jajaran Satbinmas.

Kemudian, Sekcam, penjabat (Pj) Kades Lebong Tambang, Anwar Musadat, Ketua dan Anggita BPD, Perangkat desa, tokoh Masyarakat, adat dan tokoh agama, serta warga undangan lainnya.

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan melalui Kasat Binmas,  AKP. Tri Sumartono kepada awak media usai acara diskusi dan sosialisasi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur. Sekalipun mengurangi tindak pidana akibat dari kenakalan yang dilakukan oleh para remaja.

"Tujuan kita laksanakan kegiatan ini diantaranya untuk mengurangi dan mencegah terjadinya tindak pidana persetubuhan anak di bawah umur, serta mengurangi tindak pidana yang diakibatkan kenakalan remaja," kata Kasat.

Dia merincikan, terhitung bulan Januari hingga Mei 2024 ini sudah ada 12 perkara yang ditangan oleh Unit PPA. Oleh sebab itu, pihaknya merasa prihatin dan perlu mengambil langkah-langkah preventif guna menekan terus meningkatnya tindak pidana kekerasan seksual, terutama terhadap anak di bawah umur.

"Kedepan kegiatan yang kita lakukan ini akan kita upayakan agar bisa dilaksanakan secara berkesinambungan pada desa-desa lain dalam wilayah hukum Polres Lebong," demikian Kasat.

Sementara itu, Pj. Kades Desa Lebong Tambang, Anwar Musadat menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Polres Lebong, melalui Satbinmas yang telah melaksanakan sosialisasi dan diskusi pencegahan dan antisipasi tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak ini.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pencerahan bagi masyarakat desa, dalam mencegah dan mengurangi terjadinya tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak-anak dalam wilayah Desa Lebong Tambang," singkat Anwar.